Pusat Karir

PUSAT KARIR UNIVERSITAS PALEMBANG

Pusat Karir Universitas Palembang dibentuk pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Palembang Nomor 26A/433.0.1/VIII/2017, pada 19 Agustus 2017. Tentang Pembentukan Pusat Karir Universitas Palembang. Pusat Karir merupakan lembaga penunjang universitas yang melaksanakan pengembanganaktifitas kemahasiswaan di bidang pengembangan karir, pembelajaran kompetensi dan softskill, Tracer Study serta bursa kerja. Pendirian pusat karir universitas palembang adalah sebuah langkah strategis untuk mempertajam fungsi Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Palembang dalam menangani calon lulusan dan alumni yag terus bertambah. Pusat Karir bertujuan untuk memberikan layanan dan bimbingan karir bagi mahasiswa (calon lulusan) sehingga mereka lebih terarah dalam merencanakan dan menentukan karir sehingga mampu berkontribusi nyata sebagai warga negara yang berproduktif Unit ini juga berfungsi untuk memperluas kerjasama dengan sektor industri sehingga semakin banyak perusahaan-perusahaan mitra Universitas Palembang menjadi tempat kerja pilihan lulusan Universitas Palembang.

Bagi Universitas Palembang Sebagai Institusi pendidikan relatif lama, PK-UNPAL akan memiliki fungsi penting untuk meningkatkan serapan lulusan PK-UNPAL ke dunia kerja yang akan berdampak pada meningkatnya kepercayaa masyarakat terhadap universitas. Unit ini akan menjadi jembatan komunikasi positif dalam bentuk aliran saran dan masukan dari para alumni dan perusahaan-perusahaan pengguna lulusan UNPAL yang akan menjadi pijakan dalam menyusun kebijakan perencanaan dan pengembangan kualitas universitas secara strategis.

Pusat karir dan Tracer Study UNPALmerupakan salah satu lembaga yang berhasil mendapatkan Bantuan/Hibah Pengembangan Layanan Pusat  Karir 2018 yang didanai oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dengan Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir (BPLPK) dari Kementrian riset dan Teknologi ini diharapkan dapat mempercepat realisasinya fungsi untama pusat karir sehingga dapat melakukan kegiatan-kegiatan pendampingan dan peningkatkan kesiapan lulusan dalam unit kerja, serta kegiatan bursa kerja yang akan membuka akses seluas luasnya bagi lulusan untuk menemukan perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi lulusan sehingga lulusan dapat berkiprah optimum dan berkontribusi nyata. Bagi perusahaan, Pusat Karir dan Tracer Study UNPALmenjadi jembatan akses menemui modal manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan dapat menjadi titik dorong (accerelator) tercapainya fungsi ideal unit Pusat Karir dan Tracer Study UNPAL sesuai dengan tujuan dan cita-cita yang telah diterapkan menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Pendidikan Tinggi Dan Berwawasan Enterpenuer.

Pusat Karir Universitas Palembang merupakan unit dibawah Pembantu Rektor 3 sebagai penanggung jawab yang bertugas untuk menyediakan informasi lowongan kerja bagi mahasiswa dan alumni, memfasilitasi pelatihan untuk persiapan memasuki dunia kerja, melakukan konseling karir, menjembatani antara perusahaan/instansi dan mahasiswa/alumni melalui kegiatan Campus Hiring atau Job Fair, kemudian Pusat karir melakukan upaya pengembangan entrepreneurship serta melakukan studi pelacakan lulusan (tracer study). Dengan hadirnya Pusat Karir Universitas Palembang, diharapkan seluruh civitas akademika Universitas Palembang yang tersebar di Sumatera Selatan Khususnya dan di Luar Sumatera Selatan dapat memperoleh peluang kerja dan usaha yang lebih baik serta dapat memberikan kontribusi yang maksimum sesuai displin ilmu yang dimiliki. Pusat Karir Universitas Palembang saat ini dikelola oleh tim karir Universitas Palembang yang juga melibatkan partisipasi dari dunia usaha dan industri, pemerintah, masyarakat dan juga seluruh mahasiawa Universitas Palembang. Tentunya partisipasi dari semua element dan civitas akademika Universitas Palembangakan mendorong perkembangan dari Pusat Karir Universitas Palembang ini.

PROGRAM TERSTRUKTUR PUSAT KARIR

  1. Peningkatan Kinerja dan Pengembangan Sistem PK
  2. Penyiapan Media Sosialisasi Fungsi dan Peran PK
  3. Sosialisasi PK ke Mahasiswa Baru dan Alumni Universitas Palembang
  4. Program Kompetensi (TOEFL, Basic Conversation dan Kewirausahaan)
  5. Program Kunjungan ke Perusahaan / Instansi
  6. Program Job Market Fair
  7. Pendampingan Penyusunan Proposal Kewirausahaan Mahasiswa (PKMK,KBMI)
  8. Program Pelatihan Persiapan Kerja
  9. Pelatihan Soft Skill bagi Mahasiswa / Alumni
  10. Membuat Kuesioner Tracer Study Standart Universitas Palembang
  11. Melakukan Tracer Study
  12. Membuat Laporan Tracer Study
  13. Mensosialisasikan Hasil Tracer Study
  14. Melakukan Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan
  15. Mensosialisasikan Hasil Kewirausahan
  16. Pembekalan Calon Lulusan melalui seminar/pelatihan
  17. Pembekalan Wawasan karir untuk mahasiswa baru
  18. Sharing Session dengan Alumni

Fungsi Pusat Karir :

  1. Perencanaan Pembinaan dan pengelolaan pembelajaran;
  2. Pembinaan kewirausahaan dan pengembangan softskill;
  3. Pembinaan dan pengelolaan pengembangan karir dan bursa kerja; Pengelolaan database softskill dan karir sesuai EPSBED atau PDPT, atau mengikuti ketentuan Dirjen Dikti;
  4. Pengembangan pelatihan kemahasiswaan, kewirausahaan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan alumni;
  5. Penyusunan proposal hibah pengembangan kemahasiswaan, kewirausahaan dan karir;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Universitas sesuai tugas dan fungsinya.