Fakultas Pertanian

TERAKREDITASI B

 

I. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN


VISI
Menjadi Fakultas Pertanian yang unggul dalam pengembangan pertanian berkelanjutan dengan mengedepankan kearifan lokal dan berwawasan entrepreneur pada tahun 2023.

MISI
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan ilmu pertanian untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam pengembangan pertanian berkelanjutan denga mengedepankan kearifan lokal.
2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam mengisi dunia kerja dan mendukung pembangunan daerah dan nasional.
3. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan bermanfaat dalam pengembangan IPTEK di bidang pertanian dengan mengedepankan kearifan lokal.
4. Menerapkan IPTEK yang inovatif melalui pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional serta berwawasan entrepreneur.

TUJUAN

Menghasilkan:
1. Sumber daya manusia yang mampu mengembangkan pertanian berkelanjutan dengan mengedepankan kearifan lokal.
2. Lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam mengisi dunia kerja dan pembangunan daerah dan nasional.
3. Sumber daya manusia yang inovatif dalam pengembangan IPTEK di bidang pertanian dengan mengedepankan kearifan lokal.
4. Mampu dan menerapkan IPTEK yang inovatif melalui pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah dan nasional serta berwawasan entrepreneur.

SASARAN

1. Tercapainya sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif dibidang ilmu pertanian melalui penerapan kompetensi.
2. Tersedianya sarana dan prasarana untuk menunjang proses dan metoda pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan meningkatkan jalinan kerjasama antara program studi dengan stakeholder serta lembaga/instansi terkait sehingga terwujud sumber daya manusia yang berkualitas.
3. Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada program studi sehingga meningkatkan minat pengguna lulusan di masyarakat melalui pembentukan jiwa enterpreneur kepada para lulusan.
4. Meningkatnya minat para lulusan SMU untuk menuntut ilmu pada program studi Agroteknologi dengan mengoptimalkan peran civitas akademika dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam masyarakat.
 

 

II. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SINGKAT
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PALEMBANG

A. Sejarah Pendirian

Yayasan Perguruan Tinggi Palembang berdasarkan izin operasional dari Kopertis Wilayah II dengan SK Kopertis Wilayah II Nomor 15/S/1981 tanggal 13 Oktober 1981 telah mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Palembang. Pada bulan Februari 1982 mendirikan 3 (tiga) Sekolah Tinggi yang terdiri atas:
1. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum
2. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian
3. Sekolah Tinggi Ilmu Teknik
Ketiga Sekolah Tinggi diatas mendapat izin operasional dari Kopertis Wilayah II Nomor 079/Kop.II/N/IV/1982 tanggal 8 April 1982. Maka keempat Sekolah Tinggi berubah menjadi Fakultas yang terdiri atas:
1. Fakultas Ekonomi
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Teknik

Fakultas Pertanian saat itu memgelola satu Program Studi yaitu Program Studi Budidaya Pertanian (BDP). Setelah berjalan selama tiga tahun Universitas Palembang memperoleh Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Medikbud Nomor 0611/O/1985 tanggal 2 Desember 1985. Pada tahun 1992 Universitas Palembang meningalami peningkatan status menjadi Diakui berdasarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 139/DIKTI/Kep/1992 tertanggal 28 April 1992 untuk Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil. Setelah berjalan selama tiga tahun status Universitas Palembang menjadi Terdaftar berdasarkan SK MENDIKBUD No. 0611/0/1985 tanggal 02 Desember 1985.
Pada tahun 1992, Status Universitas Palembang meningkat menjadi Diakui berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 139/DIKTI/Kep/1992 tangga 28 April 1992 untuk Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil.
Melihat peluang dan perkembangan yang ada, maka pada tahun 1988 Fakultas Pertanian mengembangkan diri dengan membuka jurusan/program studi Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT). Jurusan HPT mulai beroperasi pada tahun akademik 1989/1990 berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 0414/O/1989 tertanggal 29 Juni 1989. Pada tahun 2002 PS Budidaya Pertanian Terakreditasi “C” berdasarkan SK BAN-PT Nomor:011/BAN-PT/AK/V/S1/VI/2002 tetanggal....Tahun 2007 Program Studi Hama Penyakit Tumbuhan Terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 015/BAN-PT/AK-X/S1/VII/2007.
Pada tahun 2007 SK Dirjen DIKTI tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi maka PS Budidaya Pertanian dan Hama Penyakit Tumbuhan dilebur menjadi Program Studi Agroteknologi melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/KEP/2007. Pada tahun 2012 PS Agroteknologi telah diakreditasi oleh BAN PT dengan niali C berdasarkan SK BAN-PT No. 013/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012.
Program studi telah melakukan berbagai inovasi, dan menghasilkan lulusan yang berperan aktif dalam pengembangan sektor pertanian, khususnya di Sumatera Selatan. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan IPTEK maka semakin besar tantangan ke depannya. Setiap tantangan harus dihadapi dengan optimisme, pemikiran yang rasional, dan kerja keras. Untuk menjawab tantangan ini, FP UNPAL terus meningkatkan kualitas tata kelola Fakultas melaui peningkatan mutu program Tridharma Perguruan Tinggi meliputi pengembangan di bidang pendidikan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, manajemen pengelolaan, standar mutu pelayanan, dan Sistem Informasi.


B. Pimpinan Fakultas

1. Periode 1982-1987
a. Pembina : Dr. Ir. Nasruddin Ilyas
b. Dekan : Ir. M. Idrus Aminuddin, M.S.
c. Pembantu Dekan (PD)

  • PD I : Ir. Abdullah Salim
  • PD II : Ir. Abdullah Salim
  • PD III : Ir. Yahya Murod

2. Periode 1987-1991
a. Dekan : Ir. Amiruddin
b. Pembantu Dekan

  • PD I : Ir. Joni Philep Rompas
  • PD II : Ir. Laili Nisfuriah
  • PD III : Ir. Sudirman Tegoeh

3. Periode Tahun 1991-1995
a. Dekan : Ir. M. Idrus Aminuddin, M.S.
b. Pembantu Dekan :

  • PD I : Ir. Joni Philep Rompas
  • PD II : Ir. Laili Nisfuriah
  • PD III : Ir. Ardi Wijaya, M.P.

4. Periode 1995-1999
a. Dekan : Ir. M. Idrus Aminuddin, M.S.
b. Pembantu Dekan :

  • PD I : Ir. Yani Purwanti
  • PD II : Ir. Laili Nisfuriah
  • PD III : Ir. Ardi Wijaya, M.P.

5. Periode 1999-2003
a. Dekan : Ir. Akhmad Junaedy, M.S.
b. Pembantu Dekan :

  • PD I : Ir. Yani Purwanti
  • PD II : Ir. Laili Nisfuriah
  • PD III : Ir. Ardi Wijaya, M.P.

6. Periode 2003-2007
a. Dekan : Ir. Ardi Wijaya, M.P.
b. Pembantu Dekan (PD)

  • PD I : Ir. Fitri Yetty Zairani, M.P.
  • PD II : Khodijah, S.P.,M.Si.
  • PD III : Ida Aryani, S.P.

c. Ketua Jurusan BDP : Ida Aryani, S.P.
d. Ketua Jurusan HPT : Khodijah, S.P.,M.Si.

7. Periode 2007-2011
a. Dekan : Ir. Laili Nisfuriah, M.Si.
b. Pembantu Dekan

  • PD I : Ir. Fitri Yetty Zairani, M.P.
  • PD II : Khodijah, S.P.,M.Si.
  • PD III : Haperidah Nunilahwati, S.P.,M.P.

c. Ketua Jurusan BDP : Ir. Asmawati, M.Si.
d. Ketua Jurusan HPT : Haperidah Nunilahwati, S.P.,M.P.

8. Periode 2011-2015
a. Pembina : Ir. Laili Nisfuriah, M.Si.
b. Dekan : Ir. Burlian Hasani, M.P.
c. Pembantu Dekan

  • PD I : Dr. Haperidah Nunilahwati, S.P.,M.P.
  • PD II : Ida Aryani, S.P.,M.Si.
  • PD III : Dr. Khodijah, S.P.,M.Si.

d. Ketua Program Studi : Dr. Ir. Neni Marlina, M.Si.
e. Sekretaris PS : Rastuti Kalasari, S.P.,M.Si.

9. Periode 2015-2019
a. Pembina : Ir. Burlian Hasani, M.P.
b. Dekan : Dr. Haperidah Nunilahwati, S.P.,M.P.
c. Pembantu Dekan :

  • PD I : Dr. Ir. Hj. Neni Marlina, M.Si.
  • PD II : Marlina, S.P.,M.Si.
  • PD III : Dr. Khodijah, S.P.,M.Si.

d. Ketua Program Studi : Rastuti Kalasari, S.P.,M.Si.
e. Sekretaris PS : Denny Yulianto, S.P.,M.Si.